Halaman

Kurikulum

Merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan dan merupakan kurikulum Nasional. Kurikulum SMK Avicena Rajeg terdiri dari Pendahuluan, Tujuan, Standar Kompetensi, Struktur dan Muatan kurikulum, kalender pendidikan, dan Penutup.

 

Pengembangan Kurikulum

Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, serta kepentingan peserta didik dan lingkungannya, beragam dan terpadu, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, relevan dengan kebutuhan kehidupan, menyeluruh dan berkesinambungan, belajar sepanjang hayat, seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

 

Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum

Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia
  2. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
  3. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
  4. Tuntutan pembangunan daerah dan nacional
  5. Tuntutan dunia kerja
  6. Perkembangan IPTEK
  7. Agama
  8. Dinamika perkembangan global
  9. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
  10. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
  11. Kesetaraan jender
  12. Karakteristik satuan pendidikan

 

Komponen Kurikulum SMK

Komponen Kurikulum SMK meliputi :

  1. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan SMK
  2. Struktur dan Muatan KTSP SMK
    1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
    2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
    3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
    4. Kelompok mata pelajaran estetika
    5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
  3. Struktur kurikulum SMK meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun,mulai kelas 10 sampai dengan kelas 12.

 

Menjadi bijak apabila  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai paradigma baru hendaknya disikapi dengan pandangan terbuka, tidak apriori, apalagi apatis.  Karena harapan kita, keberadaaan Kurikulum SMKAvicena Rajeg ini berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan tertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Memang akan terjadi sedikit kesulitan ditingkat praktis, untuk itu pelatihan dan sosialisasi secara berkesinambungan menjadi yang niscaya.  Paradigma Baru Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan akan menjadikan:

  1. Sekolah akan menjadi knowledge based centre for excellence
  2. Kepala sekolah mampu memberdayakan seluruh potensi school community
  3. Kepala sekolah dan guru akan mampu melaksanakan school reform
  4. Guru akan mampu memberdayakan potensi dirinya untuk melaksanakan reformasi pembelajaran.

Kami yakin seluruh stakeholder SMK telah melakukan sebagian besar dari keempat aktifitas tersebut.  Namun yang belum dilakukan adalah memadukan dan mensinergikan keempat aktifitas tersebut menjadi satu tujuan dalam merealisasikan tujuan sekolah, program keahlian dan kompetensi lulusan, sehingga hasil pembelajaran di SMK  akan lebih fungsional.

 

Standar  kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang program pembelajran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian.